Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Lewat HP (Auto Lolos)

Buat kamu yang masih belum tahu bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja jangan lewatkan tips pembahasan dari jurnalkedokteranunsri.id kali ini ya. Di tahun 2022 ini gelombong kartu prakerja resmi dibuka lagi.

Sebelumnya, kamu udah tau belum apa itu kartu prakerja? Kartu prakerja ini merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan bantuan berupa biaya kepada para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi tertentu.

Sampai saat ini kartu prakerja sudah dibuka sampai dengan gelombang ke 41 dan sudah menyalurkan bantuan berupa insentif setiap bulan kepada setiap penerimanya selama waktu 6 bulan.

Jika kamu merasa butuh pelatihan skill, tapi belum daftar kartu prakerja karena tidak tau caranya. Jangan sedih karena kamu sudah berada di dalam artikel yang tepat. Disini kami akan menjelaskan secara detail, bagaimana cara daftar kartu kerja dari mulai buat akun hingga gabung ke gelombang prakerja yang sedang dibuka.

Syarat Yang Diperlukan Untuk Daftar Kartu Prakerja

syarat-daftar-kartu-prakerja

Program kartu prakerja ini menjadi salah satu program yang paling ditunggu oleh angkatan kerja di Indonesia. Hal itu karena program tersebut memberikan banyak manfaat kepada para penerimanya termasuk mendapat pelatihan kompetensi untuk meningkatkan kemampuan tertentu.

Siapa saja berhak mendaftarkan diri asalkan memenuhi semua syarat dan mengikuti alur-alur yang telah ditentukan. Tidak banyak kok persyaratan yang harus kamu lengkapi dan dokumen yang dibutuhkan juga tidaklah ribet.

Bagi yang baru pertama kali ingin mendaftar kartu prakerja di tahun 2022 mungkin masih bingung mengenai bagaimana caranya. Program kartu prakerja ini kembali dibuka tahun 2022 dan telah memasuki gelombang 41.

Jadi, ayo segera daftarkan diri kalian dan siapa tau saja termasuk orang yang beruntung dan berhasil menerima insentif dari kartu prakerja. Oleh karena itu, simak dulu mengenai syarat kalau ingin daftar kartu prakerja agar proses ke depannya lebih mudah.

  • Calon pendaftar sudah berusia lebih daru 18 tahun
  • Sedang mencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan skill (pekerja yang terkena PHK atau di rumahkan)
  • Bukan merupakan pejabat tinggi negara, seperti TNI, POLRI, ASN, Pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial covid-19 dari pemerintah
  • Memiliki KTP dan KK

Nah, itu dia beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Kalau kamu merasa sudah mencakup semua persyaratan tersebut, maka langsung saja daftar kartu prakerja tahun 2022.

Cara Buat Akun Kartu Prakerja Secara Online

Untuk mendaftarkan diri di gelombang kartu prakerja nanti, kamu harus memiliki akun prakerja terlebih dulu ya. Jika kamu belum punya akun, maka disini kami akan memberikan langkah-langkah buat akun kartu prakerja secarar online.

Kamu bisa langsung menggunakan website resmi dari kartu prakerja untuk membuat akunnya. Caranya gak sulit kok dan kalau kamu memerhatikan penjelasan yang kami berikan maka bisa mengikutinya dengan mudah.

Langsung ini di bawah ini adalah langkah-langkah untuk buat kartu prakerja secara online tahun 2022.

  • Buka situs resmi dari kartu prakerja melalui browser yang ada di perangkat kalian atau langsung saja salin alamat URL https://www.prakerja.go.id/.
  • Setelah masuk ke dalam websitenya, klik ikon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas lalu pilih menu “Daftar Sekarang”.
  • Kemudian “isi alamat email, password, serta ulangi password” lalu tekan tombol “Daftar”. Beri centang pada bagian persetujuan syarat dan kebijakan.
buat-akun-kartu-prakerja
  • Selanjutnya kamu akan menerima e-mail dari kartu prakerja untuk melakukan verifikasi akun.
cara-buat-akun
  • Silahkan cek emailmu dan lanjutkan proses sesuai dengan yang diminta.
verifikasi-akun
  • Pembuatan akun kartu prakerja sudah selesai.

Jika kamu sudah berhasil buat akun prakerja, maka selanjutnya kamu bisa langsung daftar kartu prakerja. Bagaimana cara daftar kartu prakerja 2022? Simak pembahasan di bawah ini ya.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2022

Buat kamu yang sudah punya akun kartu prakerja, tetapi belum daftar secara keseluruhan, wajib simak pembahasan berikut ini.

Kami akan menjelaskan langkah apa saja yang harus kamu lakukan apabila ingin mendaftar kartu prakerja. Dalam hal ini kamu pasti akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi pribadi dan pastikan kamu menjawabnya dengan baik ya.

  • Buka kembali website resmi kartu prakerja sama seperti pada pembahasan di atas.
  • Karena kamu sudah punya akun, maka kamu bisa langsung masuk ke bagian punya akun.
  • “Masukkan alamat email dan password” dari akun prakerja yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya adalah “verifikasi KTP dan KK”. Silahkan masukkan informasi sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Kalau sudah semua tekan “Lanjut”.
daftar-kartu-prakerja
  • Berikutnya kamu harus “melengkapi semua informasi data diri”. Dan akan diminta untuk unggah foto KTP langsung dari HP yang kamu gunakan.
  • Lalu lakukan verifikasi wajah dengan cara arahan kamera ke wajah anda lalu jangan lupa kedipkan mata. Kalau sudah kamu bisa klik “Lanjut”.
isi-data-diri
  • Langkah berikutnya adalah verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor telepon yang aktif dan pastikan itu tersambung dengan HP kalian ya. dan isi kode OTP yang telah dikirim melalui SMS.
verifikasi-nomor-telepon
  • Setelah itu kamu harus menjawab semua pernyataan pendaftar peserta dengan jujur.
jawab-pertanyaan
  • Jika sudah selesai tahap berikutnya adalah mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar dengan durasi waktu 25 menit.
tes-motivasi
  • Kalau sudah selesai hasil tes akan dikirim. Nah, jika gelombang prakerja sudah dibuka, kamu bisa langsung klik “gabung gelombang”.
cara-gabung-gelombang-kartu-prakerja
  • Selesai, pendaftaran kartu prakerja telah dilakukan dan setelah itu kamu harus menunggu apakah kamu berhasil diterima atau tidak.

Manfaat Mendaftar Kartu Prakerja

Jika kamu termasuk orang yang saat ini sedang mencari kerja, maka kami sarankan untuk mendaftar kartu prakerja apabila telah memenuhi semua syarat yang diberikan.

Ketika kamu pendaftaranmu berhasl diterima, maka kamu akan mendapat banyak manfaat yang akan menunjang kebutuhan hidupmu ke depannya. Apa saja sih keuntungan serta manfaat yang akan kamu terima kalau berhasil diterima di gelombang kartu prakerja?

Pertama, kamu akan mendapatkan kelas pelatihan komptensi yang akan menunjang kemampuan sehingga lebih mudah untuk mendapat pekerjaan. Semua kelas tersebut dibiayai oleh pemerintah sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan insentif biaya yang akan dikirim setiap bulan dengan nominal yang sudah ditentukan. Insentif biaya ini selalu dikirimkan selama 6 bulan berturut dan kamu bisa mencairkannya melalui akun rekening bankmu.

Nominal uang yang kamu dapat juga sangat membantu loh apalagi di masa pandemi seperti ini.

Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Agar Lolos Kartu Prakerja

Banyak orang yang sudah mendaftar kartu prakerja, tetapi tidak berhasil lolos gelombang meskipun sudah mendaftar berkali-kali. Disini kami akan memberikan beberapa hal penting yang harus kamu ketahui saat mendaftar kartu prakerja.

Tidak ada yang tau bagaimana sistem penerimaan kartu prakerja ini. Tetapi ada beberapa hal yang ssudah pasti. Seperti, dalam satu KK penerima prakerja itu dibatasi yaitu hanya sebanyak 2 orang saja.

Apabila di dalam anggota keluargamu yang berada di satu KK sudah ada dua orang yang berhasil diterima, maka wajar saja jika orang selanjutnya tidak akan pernah berhasil diterima.

Dan juga kartu prakerja ini diperuntukkan orang yang ssedang mencari kerja atau sudah bekerja, tetapi di-PHK dan sebagainya. Kalau kamu masih sekolah ataupun kuliah, maka sudah pasti tidak akan berhasil mendaftar kartu prakerja ini apalagi sampai gabung gelombang.

Hal-hal semacam ini harus kamu ketahui lebih dulu agar tidak berprasangkan kenapa kok saya tidak pernah berhasil saat mendaftar kartu prakerja? Mengingat orang yang mendaftar kartu prakerja ini kan tidak hanya satu atau dua orang saja.

Tapi tidak da salsahnya kan untuk berusaha dan siapa tau saja kamu termasuk orang yang beruntungan entah di gelombang yang ke berapa.

Baiklah itu dia pembahasan mengenai cara daftar kartu prakerja tahun 2022 dan sedikit tips bagaimana caranya agar lolos. Informasi menarik dan bermanfaat lainnya bisa kamu temukan di jurnalkedokteranunsri.id.

Artikel Lainnya:

Cara Melihat Password Wifi di Laptop WIndows dan MacBook

Kumpulan Game PSP Ukuran Kecil Iso Terbaik 2022

Savefrom IG – Download Video, Reels, IGTV, Foto Di Instagram