Cara Daftar BPUM Online Update Terbaru 2022

Buat kalian para pelaku usaha UMKM sekarang masih bisa loh mendapatkan BLT UMKM dengan cara Cara Daftar BPUM terlebih dahulu. BPUM atau Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro ini merupakan program yang telah dilakukan oleh pemerintah sejak tahun 2020.

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang terkena dampak pandemi dari Covid-19. Semua juga pasti masih ingat rasanya di awal-awal pandemi melanda Indonesia dan banyak sekali perubahan yang terjadi.

Salah satu sektor yang paling terkena dampak negatif dari pandemi tersebut adalah sektor ekonomi terutama para pelaku usaha UMKM. Untuk menjaga kelangsungan usaha para pelaku UMKM ini, pemerintah mengadakan program BLT UMKM atau kita kenal juga sebagai BPUM.

Paa pelaku usaha yang bisa mendapatkan bantuan tersebut apabila sudah mendaftarkan usahanya terlebih dahulu. Nah, simak lah pembahasan mengenai Cara Daftar BPUM dari jurnalkedokteranunsri.id ini agar kamu tidak bingung lagi tentang apa yang harus dilakukan.

Apakah Pendaftaran BPUM Tahun 2022 Dibuka?

Program bantuan dari pemerintah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM yang terkena dampak dari pandemi covid-19 adalah BPUM atau BLT. Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan terbukti membantu jutaan pelaku usaha yang membutuhkan.

Bantuan yang diberikan ini adalah dalam bentuk uang tunai dengan nominal yang berbeda setiap tahunnya. Jutaan pelaku UMKM berhasil mendapatkan BPUM atau BLT yang diadakan oleh pemerintah.

Tidak semua kota atau daerah di Indonesia mengadakan program ini karena bantuan ini benar-benar diberikan untuk mereka yang terkena dampak negatif dari adanya pandemi virus korona.

Di tahun 2022 ini, banyak yang bertanya apakah akan dibuka kembali program bantuan bagi pelaku usaha mikro atau disingkat dengan BPUM. Berdasarkan informasi yang beredar, program BPUM ini akan dilaksanakan kembali di tahun 2022 dan bantuannya juga akan segera cair.

Oleh karena itu, untuk para pelaku usaha mikro yang mengalami masalah keuangan, maka bisa mendaftar BPUM ini dan semoga saja berhasil menjadi salah satu penerimanya.

Syarat Dan Ketentuan Yang Harus Dilengkapi Sebelum Daftar BPUM

syarat-mendaftar-bpum

Tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan langsung tunai yang diadakan oleh pemerintah Indonesia. Hanya yang benar-benar membutuhkan sajalah yang berhak menerima BPUM tersebut.

Untuk menghindari adanya tindakan yang tidak baik, para pelaku usaha mikro yang ingin daftar BPUM harus melengkapi dan memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Ada beberapa syarat yang harus kamu ketahui apabila ingin mendaftarkan diri sebagai penerima BPUM. Sebenarnya syaratnya juga tidak rumit kok, tetapi tetap saja kamu harus melengkapi semuanya barulah bisa berhasil mendaftarkan usahamu untuk menjadi penerima bantuan.

Kira-kira syarat apa saja yang harus dilengkap dan juga dipenuhi kalau ingin daftar BPUM tahun 2022? Perhatikan baik-baik apa saja syarat yang harus kamu penuhi melalui penjelasan di bawah ini.

  • Calon pendaftaran adalah warga negara Indonesia (WNI)
  • Menjalankan usaha yang tergolong ke dalam jenis UMKM
  • Bukan termasuk ASN, TNI, POLRI, dan Pegawai BUMN/BUMD
  • Usaha yang sedang dijalankan tidak sedang menerima bantuan dari bank
  • Melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan

Adapun dokumen-dokumen yang harus kamu lengkapi apabla ingin mendaftar BPUM adalah sebagai berikut.

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Alamat Tempat Tinggal Bisa Ditunjukkan Dengan Kartu Keluarga
  • Bidang usaha yang dijalankan
  • Surat Keteranga Usaha atau Surat Perizinan Berusaha
  • Nomor telepon aktif

Cara Daftar BPUM UMKM Tahun 2022

cara-daftar-bpum-online

Untuk mendaftarkan diri sebagai penerima BPUM ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan juga offline. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pendaftaran offline maupun online hanya saja beda metode daftarnya.

Mengenai syarat dan juga ketentuan masih sama saja dan itu bergantung kalian lebih fleksibel menggunakan cara dafta yang mana. Disini admin jurnalkedokteranunsri.id akan menjelaskan bagaimana cara daftar BPUM secara online.

Sebelum mendaftar kamu harus mencari tau dulu apakah pendaftaran BPUM tahun 2022 ini sudah resmi dibuka atau belum. Kalau memang sudah, maka kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut.

Lengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila ingin daftar BPUM adalah melengkapi semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Seperti yang ssudah kami jelaskan di atas tadi, ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan.

Mulai dari data diri, seperti KTP dan Kartu Keluarga serta surat izin usaha. Apabila kamu belum memiliki Surat Keterangan Usaha atau NIB, maka bisa buat terlebih dahulu secara online melalui website https://oss.go.id/.

Kalau sudah membuat surat perizinan berusaha disana kamu akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Nanti itulah yang harus kamu bawa atau input pada saat melakukan pendaftaran BPUM.

Kamu juga harus memiliki surat usulan dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah daerah setempat. Dalam hal ini kamu bisa langsung saja datang ke kantornya untuk meminta surat usulan tersebut.

Siapkan semuanya dan jadikan dalam satu file baik kamu melakukan pendaftaran BPUM secara online maupun offline.

Isi Formulir Pendaftaran

Bagi daerah yang membuka pendaftaran BPUM, maka para pelaku usaha yang tinggal disana bisa dengan mudah daftar BOPUM dengan cara mengisi e-form yang sudah tersedia.

Biasanya akan dibagikan link google form dan pengguna bisa mengisi semua data yang dibutuhkan dari link tersebut. Kamu harus menginput NIK, NO. KK, jenis usaha, dan semua informasi yang dibutuhkan lainnya.

Kalau kamu sudah mengisi semua pertanyaan yang diberikan, kamu bisa klik submit dan google formnya langsung dikirim.

Tunggu Sampai Ada Pengumuman

Kalau kamu sudah berhasil mendaftar BPUM dengan cara mengisi formulir yang tadi. Maka langkah selanjutnya kamu bisa tunggu hingga waktu pengumuman penerimaan.

Kalau sudha waktunya kamu bisa cek langsung apakah termasuk penerima BPUM atau tidak. Setelah ini kami juga akan menjelaskan bagaimana cara cek penerima bantuan BPUM.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendaftar BPUM

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui lebih dulu apabila ingin mendaftar bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini. Pertama, dana bantuan yang akan diberikan berbentuk dana hibah dan bukan dalam bentuk pinjaman ataupun kredit.

Bagi pendaftar yang sudah pernah mendaftar dan menerima bantuan BPUM di tahun sebelumnya, maka tidak bisa menjadi penerima lagi di tahun ini. Jadi, kalau kamu merasa sudah berhasil menjadi penerima di tahun yang sebelumnya, maka kami sarankan untuk tidak mendaftar lagi.

Dana bantuan yang diberikan ini akan disalurkan per bulan dengan nominal yang sudah ditentukan biasanya jangka waktunya 6 bulan. Bagi penerima BPUM wajib membuat Surat Pertanggungjawaban Mutlak pada saat mencairkan dana bantuan.

Cara Cek Penerima Bantuan BPUM

cara-cek-penerima-bpum

Jika sudah waktunya pengumuman penerima BPUM, maka bagi yang merasa mendaftar bisa langsung mengecek apakah kamu termasuk menjadi penerima atau tidak.

Caranya cukup mudah dan ini bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi kemana-mana. Berikut ini adalah cara cek penerima BPUM melalui BRI online.

  • Buka website resmi dari e-form BRI melalui browser.
  • Lalu “masukkan Nomor KTP dan juga tulis ulang kode verifikasi” yang tertera di layar. Kemudian klik bacaan “Proses Inquiry”.
  • Nantinya kamu akan langsung melihat pemberitahuan apakah kamu termasuk ke dalam penerima BPUM atau tidak.
  • Kalau kamu berhasil menjadi penerima, maka bisa langsung datang ke BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Semoga penjelasan yang admin jurnalkedokteranunsri.id berikan mengenai cara daftar BPUM bisa kamu pahami dengan baik ya.